PROGRAM SEMESTER
Satuan Pendidikan
: SMAN 1 DUKUPUNTANG
Mata Pelajaran : BIOLOGI
Kelas /SMTR :
X IPA / 1
Tahun Pelajaran : 2016/2017
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
ALOKASI
WAKTU
|
JULI
|
AGUSTUS
|
SEPTEMB
|
OKTOBER
|
NOPEMBER
|
DESEMBER
|
||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
SEMESTER 1
3.1 Memahami melalui penerapan tentang ruang lingkup
Biologi (permasalahan pada berbagai obyek Biologi dan tingkat organisasi
kehidupan), metode ilmiah dan prinsip
keselamatan kerja berdasarkan pengamatan dan percobaan
4. 1 Menyajikan data dalam berbagai bentuk media
informasi tentang permasalahan pada berbagai obyek Biologi dan tingkat
organisasi kehidupan sebagai hasil penerapan metode ilmiah dengan
memperhatikan aspek keselamatan kerja
|
Ruang Lingkup Biologi
· Permasalahan
Biologi pada berbagai objek Biologi, dan tingkat organisasi kehidupan
· Cabang-cabang
ilmu dalam Biologi dan kaitannya dengan pengembangan karir di masa depan
· Manfaat
mempelajari Biologi bagi diri sendiri dan lingkungan, serta masa depan peradaban
bangsa
· Metode
Ilmiah
· Keselamatan
Kerja
|
·
9 JP
|
L
I
B
U
R
A
K
H
I
R
T
P
2
0
1
4
/
2
0
1
5
5
|
L
I
B
U
R
I
D
U
L
F
I
T
R
I
1
4
3
7 H
H
|
L
I
B
U
R
I
D
U
L
F
I
T
R
I
1
4
3
7 H
A
|
3
3
|
L
I
B
U
R
H
A
R
I
K
EME
R
D
E
K
A
A
N
|
3
|
3
|
3
|
JE
D
A
U
T
S
G
A
N
J
I
L
L
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
I
N
P
U
T
N
I
L
A
I
R
A
P
O
R
S
E
M
E
S
T
E
R
G
A
N
JL
|
L
I
B
U
R
A
K
H
I
R
S
E
M
E
S
T
E
R
G
A
N
J
I
L
lL
|
L
I
B
U
R
A
K
H
I
R
S
E
M
E
S
T
E
R
G
A
N
J
I
L
|
3.2 Menganalisis
data hasil observasi tentang berbagai tingkat keanekaragaman hayati (gen,
jenis dan ekosistem) di Indonesia
serta ancaman dan pelestariannya
4.2 Menyajikan hasil observasi berbagai tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis dan ekosistem) di
Indonesia dan usulan upaya pelestarian
keanekaragaman hayati Indonesia berdasarkan hasil analisis data ancaman
kelestarian berbagai keanekaragaman hewan dan tumbuhan khas Indonesia dalam
berbagai bentuk media informasi
|
Keanekaragaman Hayati
·
Konsep keanekaragaman gen, jenis,
ekosistem
·
Keanekaragaman hayati Indonesia, flora dan fauna, serta penyebarannya berdasarkan Garis Wallace dan Garis
Weber
·
Keunikan hutan hujan tropis Indonesia
·
Pemanfaatan keanekaragaman hayati Indonesia
·
Upaya pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia
|
9 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JE
D
A
U
T
S
G
A
N
J
I
L
|
3
|
3
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.3 Memahami
prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam lima kingdom
4.3 Menyajikan
kladogram berdasarkan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup
|
Klasifikasi Makhluk Hidup
· Prinsip klasifikasi makhluk hidup
· Dasar klasifikasi makhluk hidup
· Kunci determinasi sederhana
· Kladogram (pohon filogeni)
· Sistem
klasifikasi makhluk hidup: takson,
binomial nomenklatur
|
·
9 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
3
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.4 Menganalisis
struktur dan replikasi, serta peran virus dalam aspek kesehatan masyarakat
4.4 Melakukan kampanye tentang
bahaya virus dalam kehidupan terutama bahaya AIDS berdasarkan tingkat
virulensinya melalui berbagai media informasi
|
Virus
·
Ciri-ciri virus: struktur dan reproduksi
·
Pengelompokan virus
·
Peran virus dalam kehidupan
·
Partisipasi
remaja dalam mencegah penyebaran virus HIV dan
lainnya
|
·
9 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
3
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
3.5 Menganalisis
struktur dan cara hidup bakteri serta
perannya dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat
4.5 Menyajikan
data tentang ciri-ciri dan peran bakteri dalam kehidupan berdasarkan hasil
studi literatur dalam bentuk laporan tertulis
|
Kingdom Monera
· Karakteristik
dan perkembangbiakan bakteri
· Dasar pengelompokan bakteri
· Menginokulasi bakteri/pour
plate/streak plate
· Pengecatan
gram
· Peran
bakteri dalam kehidupan
|
·
9 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
3
|
3
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
Hj. MARDIANI, M.M.
NIP. 19670312 199303 2 009
|
|
Dukupuntang, Juli 2016
Guru Bidang Studi
SUBAGYO, S.Pd
NIP. 19651212 199412 1 004
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar