Senin, 21 November 2016

laporan praktikum botani

LILIOPSIDA
SUBCLASSIS ALISMATIDAE DAN SUBCLASSIS ARECIDAE

I.     TUJUAN 
1.    Untuk menemukan ciri-ciri khusus spesies tumbuhan yang termasuk pada divisi Magnoliophyta khususnya Subclassis Alismatidae dan subclassis Arecidae. 
2.    Untuk menemukan ciri khusus tumbuhan yang termasuk pada family-family yang terdapat dalam Subclassis Alismatidae dan subclassis Arecidae.

II.  DASAR TEORI
Kelompok tumbuhan Liliopsida mempunyai akar serabut dan tulang daunnya sejajar atau melengkung. Batangnya tidak berkambium, tidak bercabang-cabang, tetapi beruas-ruas. Bagian bunga berjumlah tiga atau kelipatannya. Semua Liliopsida merupakan tumbuhan monokotil yang memiliki biji berkeping satu, mencakup sekitar 50.000 jenis yang dikelompokkan menjadi 40 famili. Beberapa jenis mempunyai habitus pohon, namun kebanyakan berupa herba semusim atau tahunan. Batangnya bercabang sedikit atau tidak sama sekali. Daunnya memiliki pelepah pada pangkalnya, kebanyakan berupa daun tunggal dengan tulang daun yang sejajar atau melengkung. Jaringan pembuluh tersusun dalam berkas yang tersebar dalam jaringan empulur. Batangnya tidak mempunyai kambium sehingga hanya terjadi pertumbuhan oleh jaringan primer. Bunga Liliopsida mempunyai bagian bunga dengan jumlah kelipatan 3. (Sudarsono, 2005 : 20-22).
Ciri-ciri tumbuhan Liliopsida adalah sebagai berikut:
1.        Memiliki pertulangan daun sejajar
2.         Batang dengan berkas pembuluh tersebar
3.        Batang tidak berkambium, tidak bercabang, tetapi beruas-ruas
4.        Bagian bunga bunga berjumlah 3 atau kelipatannya
5.        Memiliki akar serabut
Kelas liliopsida 1 terdiri dari: Suku Araceae, Suku Arecaceae, Suku Zingiberaceae, Suku Poaceae. Kelas liliopsida 2 tersiri dari: Suku Liliaceae, Suku Agavaceae, Suku Dioscoreaceae dan Suku Orcidacea (Fhenriyanti, 2014)
Subclassis Alismatidae mempunyai karakteristik bunga Apokarp, herba akuatik, sistem pembuluh biasanya tidak mengandung lignin,   pollen triaperture, sel tetangga pada stomata kebanyakan 2, pembuluh terbatas pada akar. (Campbell, 2000: 180) Familia Limnocharitaceae memiliki daun yang termasuk kategori daun lengkap, habitus batangnya herba, Bunga majemuk, actinomorf, biseksual, sepal 3, gigih. Kelopak 3, putih atau kuning. Benang sari 3-100. Ovarium unggul. Karpel 3 sampai 20. Familia Limnocharitaceae diwakili oleh tanaman Limnocharis flava Genjer).
Subkelas Arecidae merupakan Liliopsida yang mempunyai habitus bervariasi , ada yang herba, semak, bahkan pohon. Duduk daun dengan pola tersebar namun ada juga yang roset akar maupun roset batang, bunga pada umumnya berukuran kecil dalam perbungaan spadiks dan ditutupi oleh spatha, perhiasan bunga pada umumnya berukuran kecil dan tidak bisa dibedakan anatara kaliks dan korolla. Subkelas ini terdiri atas 4 ordo, 5 familia dan kurang lebih 5.600 species. Family Arecales memiliki karakteristik: Pohon, perdu atau memanjat, Daun tunggal, terbagi atau majemuk pinatus atau palmatus dengan duduk daun tersebar atau roset batang, memiliki pelepah, kadang berduri. Bunga panikula atau spadiks yang bisa besar, diliputi spatha yang bisa mengayu, bunga kecil, uni atau biseksual, aktinomorf, trimer. Kaliks 3 sepal, korola 3 petal, jarang berupa tepal atau tereduksi. Stamen umumnya 6 dalam 2 lingkaran, jarang banyak. Ovarium superum, 3 karpel, 1-3 ruang. Buah baka atau drupa.     Contoh: Areca catechu (pinang), Cocos nucifera (kelapa), dan Arenga pinnata (aren), dan jenis palm lainnya. Famili Pandanaceae memiliki ciri diantaranya, terdiri dari 3 genus (Pandanus, Freycinetia, dan Sararanga) , Merupakan tanaman berkayu, biasanya berakar tunjang, dan kadang memanjat dengan akar udara. Daun kaku, berbentuk garis, berduri dan tersusun trispirostik. Bunga kecil, uniseksual, dioecius, tersusun sebagai spika memanjang atau padat dan disokong oleh spatha. Tidak ada periantium, benang sari banyak, tangkai sari bebas atau berlekatan. Karpel biasanya banyak, tangkai sari bebas atau berlekatan, karpel biasanya banyak, sinkarp dengan stigma yang sesilis, bebas atau berlekatan dengan kepala putik banyak. Buahnya majemuk yang terdiri dari buah drupa atau berri. Contoh: Freycinettia insignis (jaksi), Pandanus tectorius (pandan laut), dan Pandanus amaryllifolius (pandan wangi). (Tsanie Lestari, 2012)

III.   ALAT DAN BAHAN   
A.  Alat
1.    Loop 
2.    Silet
B.   Bahan
1.    Family Limnocharitaceae yaitu Limnocharis flava (Genjer)
2.    Family Pandanaceae yaitu Pandanus amaryllifolius (Pandan wangi)
3.    Family Araceae yaitu Anthurium crystalinum (kuping Gajah)
4.    Family Arecaceae yaitu Roystonea regia (Palem)

IV.   LANGKAH KERJA
Langkah kerja dari praktikum kali ini adalah:
1.    Diamati spesimen dari tumbuhan Family Limnocharitaceae yaitu Limnocharis flava (Genjer), Family Pandanaceae yaitu Pandanus amaryllifolius (Pandan wangi), Family Araceae yaitu Anthurium crystalinum (kuping Gajah) dan Family Arecaceae yaitu Roystonea regia (Palem) meliputi batang yaitu habitusnya, pola percabangannnya, dan bentuk atau segi penampangnya.
2.    Diamati daun dari tumbuhan Family Limnocharitaceae yaitu Limnocharis flava (Genjer), Family Pandanaceae yaitu Pandanus amaryllifolius (Pandan wangi), Family Araceae yaitu Anthurium crystalinum (kuping Gajah) dan Family Arecaceae yaitu Roystonea regia (Palem) meliputi macam daunnya, filotaksis, bentuk daun, pertulangan daun, tepi daun, ujung daun dan pangkal daunnya.
3.    Lalu diamati bunga dari masing-masing spesies Family Limnocharitaceae yaitu Limnocharis flava (Genjer), Family Pandanaceae yaitu Pandanus amaryllifolius (Pandan wangi), Family Araceae yaitu Anthurium crystalinum (kuping Gajah) dan Family Arecaceae yaitu Roystonea regia (Palem) meliputi macam bunga, karangan bunga, dan simetri bunganya. 
4.    Kemudian diamati perhiasan bunga dari masing-masing spesies Family Limnocharitaceae yaitu Limnocharis flava (Genjer), Family Pandanaceae yaitu Pandanus amaryllifolius (Pandan wangi), Family Araceae yaitu Anthurium crystalinum (kuping Gajah) dan Family Arecaceae yaitu Roystonea regia (Palem) meliputi Corolla, Calyx, Perigonium, Stamen dan Pistillumnya.
5.    Kemudian diamati bagaimana distribusi seksnya dan bagian-bagian tambahan lainnya.















VI.   PEMBAHASAN
Praktikum botani phanerogamae minggu ini adalah pengamatan spesimen dari Subclassis Alismatidae dan Subclass Arecidae.  Spesimen yang pertama diamati adalah Limnocharis flava atau dikenal dengan dengan nama local Genjer.  Adapun klasifikasi ilmiah dari genjer adalah:
Genjer dengan bunga Kingdom      : Plantae
Divisio     : Magnoliophyta
Classis      : Liliopsida
Subkelas : Alismatidae
Ordo        : Alismatales
Familia     : Limnocharitaceae
Genus      : Limnocharis
Species     : Limnocharis flava
Limnocharis flava atau dikenal dengan sebutan genjer merupakan salah satu spesies dari family Alismatidae. Pengamatan pertama yang dilakukan adalah pengamatan terhadap caulis dari spesies genjer. Menurut Tjitrosoepomo (2009) Limnocharis flava (Genjer) adalah salah satu contoh spesies dari subclassis Alismatidae family Limnocharitaceae. Spesies ini memiliki habitus herba dengan pola percabangan monopodial serta segi penampang batangnya segitiga berarah tegak lurus ke atas atau triangularis.
Pengamatan selanjutnya yaitu daun, daun pada Limnocharis flava adalah daun tunggal,  letak daun atau filotaksisnya adalah equitant yaitu  roset akar, bentuk daunnya jantung atau tipe cordatus, ujung daunnya merruncing atau mukronatus dengan pangkal daunnya adalah tipe reniformis. Pada bagian tepi daunnya bergelombang  atau disebut pula undulatus dan memiliki pertulangan melengkung. Pengamatan selanjutnya yaitu bunga pada genjer termasuk bunga majemuk, bunga pada tanaman genjer ini terdapat di ketiak daun dengan kata lain flos lateralis atau flos axillaries. Karangan bunga pada tumbuhan ini adalah rasemosa dengan simetri bunga aktinomorf. Memiliki mahkota berwarna kuning sebanyak 3 sepal, mahkota lepas. Sedangkan kelopak bunganya berwarna hijau sebanyak 3 petal. Kelamin bunganya terdiri dari benang sari berjumlah banyak mengelilingi putik dan putik berwarna kuning berada ditengah. Sehingga distribusi seksnya adalah monoceus.
Spesies kedua dalam pengamatan adalah Family Pandanaceae yaitu Pandanus amaryllifolis. atau sering dikenal dengan tumbuhan pandan. Adapun klasifikasi ilmiah pandan yaitu:
Kingdom    : Plantae
 Divisio      : Magnoliophyta
Classis        : Liliopsida
 Sub classis : Arecidae
Ordo          : Pandanales
Familia       : pandanaceae
Genus         : Pandanus
Species       : Pandanus amaryllifolius
Pandanus amaryllifolius merupakan salah satu spesies dari Arecidae tepatnya pada famili Pandanaceae. Bagian pada Pandanus amaryllifolius sama seperti tumbuhan lainnya yang memiliki bagian pokok yaitu batang, daun dan akar. Batang dari Pandanus amaryllifolius memiliki habitus atau perawakan herba. Percabangan batangnya adalah monopodial dan bentuk penampang batangnya adalah bulat. Pandanus amaryllifolius memiliki daun tunggal dengan pertulangan daunnya sejajar dimana letak duduknya adalah equitant yaitu roset batang dimana daun emenpel pada batangnya. Bentuk daun Pandanus amaryllifolius adalah lanset dengan tepian daun rata, pada ujung daunnya bertipe atenuatus akuminatus yaitu agak runcing dan pangkal daunnya tunculatus. Daun ini tidak lengkap karena tidak memiliki upih dan tangkai daun hanya memiliki helaian saja. Tidak dilakukan pengamatan bunga, dikarenakan spesimen yang dibawa tidak terdapat bunga. Akar dari pandan wangi adalah berakar gantung (radix aereus), tumbuh menjalar, akar tunjang keluar di sekitar pangkal batang dan cabang.
Pengamatan selanjutnya adalah Family Araceae yaitu Anthurium crystalinum dengan nama lokal Kuoing Gajah. Berikut ini klasifikasi ilmiah dari kuping gajah:
Kingdom   : Plantae
Divisi        : Magnoliophyta
Kelas         : Liliopsida
Sub Kelas  : Arecidae
Ordo         : Arales
Famili        : Araceae
Genus        : Anthurium
Spesies      : Anthurium crystalinum
Anthurium crystalinum atau dikenal dengan sebutan kuping gajah merupakan salah satu spesies dari family Araceae. Pengamatan yang dilakukan adalah pengamatan morfologi. Anthurium crystalinum memiliki beberapa bagian yaitu batang, daun, akar dan bunga. Anthurium crystalinum memiliki batang dengan habitus herba dengan bentuk batangnya adalah bulat dan percabangan batang simpodial. Pengamatan selanjutnya yaitu daun, daun merupakan salahsatu bagian dari tumbuhan yang sangat berfungsi dalam fotosintesis. Daun Anthurium crystalinum merupakan daun tunggal dengan letak duduknya atau filotaksisnya yaitu roset batang karena menempel pada batang daunnya. Bentuk daun adalah jantung atau dikenal dengan tipe cordatus, dengan pertulangan daunnya melengkung. Bagian tepi dari daun terlihat bergelombang dan ujung daunnya adalah akuminatus dan pangkal daunnya adalah petiolatus.   
Pengamatan bunga tidak dilakukan dalam praktikum karena spesiamen yang tersedia hanya batang dan daun saja. Dalam beberapa literatur menjelaskan bagian bunga pada tumbuhan kuping gajah. Bunga Anthurium crystalinum merupakan bunga majemuk kecil, dalam jumlah yang besar tersusun sebagai bulir atau tongkol yang mempunyai seludang, sering berbau tidak sedap, bunga banci atau berkelamin tunggal, bunga yang banci sering sama, yang berkelamin tunggal pada tongkol teratur sedemikian rupa sehingga bunga jantan terdapat dibagian atas tongkol dan bunga jantan betina dibagian bawahnya. Bunga yang banci mempunyai perhiasan bunga yang terdiri 4-6 segmen atau berlekatan membentuk badan seperti piala, bunga yang berkelamin tunggal tanpa hiasan bunga, benang sari 2-4-8. Berhadapan dengan segmen-segmen hiasan bunga, kelopak bulat halus, kepala sari kuning membuka dengan celah atau liana, bebas atau bersatu menjadi satu massa, pada bunga betina sering terdapat benang sari–benang sari yang mandul. Distribusi seksnya dioceous. Perkembang biakkannya secara vegetative dengan potongan batang dan generative dengan biji. Kuping gajah berkhasiat sebagai obat bengkak pada tenggorokan dan mulut. (Tjitrosoepomo. 2009: 122)
Pengamatan selanjutnya yaitu Family Arecaceae dengan spesies Roystonea regia atau dikenal dengan nama pohon palem. Sebelum membahas lebih dalam,  berikut ini klasifikasi ilmiah dari palem:
Kingdom   : Plantae
Divisi        : Magnoliophyta
Kelas         : Liliopsida
Sub Kelas  : Arecidae
Ordo         : Arecales
 Famili       : Arecaceae
Genus        : Roystonea
Spesies      : Roystonea regia
Roystonea regia atau dikenal dengan sebutan pohon palem merupakan salah satu spesies dari family Arecaceae. Pengamatan yang dilakukan adalah pengamatan morfologi. Roystonea regia memiliki beberapa bagian yaitu batang, daun, akar dan bunga. Roystonea regia memiliki batang dengan habitus pohon dengan bentuk batangnya adalah bulat. Arah tumbuh batang erectus yaitu tegak lurus dan percabangan batang monopodial.  Pengamatan selanjutnya yaitu daun, daun merupakan salah satu bagian dari tumbuhan yang sangat berfungsi dalam fotosintesis. Roystonea regia memiliki daun tunggal. Letak duduknya atau filotaksisnya yaitu berhadapan. Bentuk daun adalah pita lanset, dengan pertulangan daunnya sejajar. Bagian tepi dari daun terlihat rata dengan ujung daun atebuatus atau runcing dan pangkal  daunnya tuncatus.
Pengamatan selanjutnya mengenai bunga yang merupakan ciri dari divisi magnoliophyta. Selama fase pertumbuhanya Roystonea regia dapat berbunga, berbuah, dan berbiji. Bunga Roystonea regia merupakan bunga majemuk dengan karangan bunga simosa. Perhiasan bunganya, mahkota dan kelopak tidak dapat dibedakan sehingga terdapat tenda bunga yang sangat banyak. Terdapat benang sari berwarna kuning berjumlah tiga dan putik berwarna putih berjumlah satu. Sehingga distribusi seksnya adlah monoceus atau berumah dua. Bagian tambahan yang didapati yaitu batang menggelembung yang disebut kormus dan terdapat braktea pada bunganya.

VII.     KESIMPULAN
Berdasarkan hasil pengamatan dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa:
1.        Alismatidae dan Arecidae merupakan subkelas dari kelas Liliopsida.
2.        Subclassis Alismatidae, spesies yang telah diamati pada subkelas ini Limnocharis flava (Genjer), sedangkan Subclassis  Arecidae, spesies yang telah diamati adalah Pandanus amaryllifolius (Pandan Wangi), Anthurium crystalinum (Kuping Gajah) Roystonea regia (Palem)
3.        Limnocharis flava (Genjer) dari family Limnocharitaceae: Habitus herba, daunnya tunggal, akar serabut yang masuk ke dalam lumpur, termasuk bunga majemuk, terdapat benang sari 3, tangkai putik kuning, kepala putik bulat, mahkota lepas dan polypetalus, kelopak lepas, dengan distribusi seksnya monoceus.
4.        Pandanus amaryllifolius (Pandan Wangi) dari family Pandanaceae: Habitus perdu, berdaun tunggal, berakar gantung (radix aereus), bentuk daun pita lanset, filotaksisnya adalah roset akar.
5.        Anthurium crystalinum (Kuping Gajah) dari family Araceae: Habitus herba, jenis daun tunggal dengan duduk daun roset batang (equitant), akarnya serabut, bentuk bunga jantung. 
6.        Roystonea regia (palem) dari family Arecaceae: Habitus berupa pohon, daun majemuk dengan filotaksis berhadapan. akar serabut, tebal dan berkayu, berkerumun membentuk bonggol, bunga tersusun majemuk pada rangkaian yang dilindungi oleh bractea, berumah satu, bunga betina terletak di pangkal karangan, sedangkan bunga jantan di bagian yang jauh dari pangkal.

DAFTAR PUSTAKA

Sudarsono, Ratnawati, dan Budiwati. 2005. Taksonomi Tumbuhan Tinggi. Malang: Universitas Negeri Malang Press.

Fhenriyanti. 2014. Liliopsida dalam http://fhenyrianti90.blogspot.com/2014/03/klarifikasi-magnoliophyta-kelas.html) diakses pada tanggal 19 Mei 2015 pukul 02.00 WIB

Tsani, Lestari. 2012. Subkelas Arecidae dalam http://tsanie-lestari.blogspot.com/2012/05/subkelas-arecidae-bophan.html diakses pada tanggal 19 Maei 2015 pukul 01.00 WIB.
















Pertanyaan
1.      Ciri-ciri khusus pada subclassis Alismatidae yaitu sebagian besar berupa tumbuhan herba dan hanya sedikit yang berkayu, tidak mempunyai kambium sehingga tidak ada pertumbuhan sekunder. Ikatan pembuluh terbuka dan tersebar. Sistem perakarannya adalah perakaran adventitif (serabut). Daun pada umumnya dengan pertulangan daun parallel (sejajar), kecuali pada Araceae sebagian tumbuhan dengan pertulangan daun menjala. Helaian daun seringkali berukuran kecil dengan tangkai yang pendek dan ada pelepah. Bagian-bagian bunga pada umumnya kelipatan 3, jarang kelipatan 2 atau kelipatan 4. Embrio biji mempunyai satu kotiledon. Polen biasanya uniaperture (punya satu lubang) dan plastidanya tipe P (berisi protein).
Sedangkan ciri-ciri pada subclassis Arecidae mempunyai habitus bervariasi, ada yang herba, semak, bahkan pohon. Duduk daun dengan pola tersebar namun ada juga yang roset akar maupun roset batang, bunga pada umumnya berukuran kecil dalam perbungaan spadiks dan ditutupi oleh spatha, perhiasan bunga pada umumnya berukuran kecil dan tidak bisa dibedakan antara kaliks dan korolla.
3.    Kekhasan dari Limnocharis flava atau genjer adalah tumbuhan ini tumbuh di permukaan perairan atau epifit dan akarnya masuk ke dalam lumpur, bentuk daunnya melengkung.
4.     Kekhasan Roystonea regia adalah bentuk daun lanset dan berhadapan, tumbuh erectus dan simpodial jelas sekali.
5.      Bunga Anthurium sp berbentuk jantung, umumnya berwarna menyolok dan mengkilap, warna seludang bunga amat bervariasi, misalnya merah cerah, kuning, pink, putih atau bintik bintik merah dengan warna dasar putih atau kombinasi dari warna-warna tersebut.
6.      Family pada subclassis Arecidae yang banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias yaitu dari family Araceae, Ciri khas dari suku Araceae adalah bunga majemuk bertipi tongkaol yang berseludang (spatha). Setiap bunga kecil, uni atau biseksual tetapi tumbuhan umumnya berumah satu. Pada bunga biseksual perhiasan bunga umumnya 4 – 6 atau tidak ada. Pada bunga uniseksual perhiasan bunga tereduksi. Buah umumnya buah baka. Perkembagan tanaman hias sekarang ini sangat pesat, khususnya untuk jenis - jeinis tanaman hias dari familia Acerace seperti Anthurium, Aglaonema, Alocasia, Caladium, Phylodendron dan jenis - jenis tanaman hias lainnya.


2 komentar:

  1. Lucky Club Lucky Club Casino Site
    Lucky Club is a unique Casino, located in a corner of the entertainment complex, near the intersection of the pedestrian  Rating: luckyclub 5 · ‎4 reviews · ‎Price range: 3.00

    BalasHapus
  2. The best casino bonuses, promos & rewards! - DrMCD
    Top 10 Best Casino Bonuses · 1. Wild Casino 용인 출장마사지 (100% up to $1,000 용인 출장안마 + 20 FS) · 2. Wild 남양주 출장샵 Vegas (100% up to $1,000 + 20 FS) · 3. Wild Vegas (100% up to $1,000 + 20 FS) · 4. Unibet Casino 여수 출장샵 (100% 광주 출장마사지 up to $1,000 + 20 FS) · 5.

    BalasHapus